Maskapai Penerbangan Internasional Malaysia Belitung

Pesawat  Sriwijaya Boeing 737 800 New Generation - Pesawat internasional carter perdana landing di Bandar Udara H.A.S Hanandjoeddin, Belitung.

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Bangka Belitung turut mewujudkan mimpi itu. Dengan menurunkan pesawat Boeing 737 800 New Generation, Sriwijaya Air melakukan penerbangan perdana internasional ke Bandara HAS Hananndjoedin Belitung dari Malaysia, meski dengan sistem carter flight.

Penerbangan perdana internasional ini adalah awal kemajuan pariwisata internasional di Belitung. Saya sangat mengapresiasi langkah ini,” kata Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah.

Penerbangan perdana carter flight perdana Kualumpur - Tanjungpandan ini mengangkut rombongan dari Malaysia, Thailand, India, Singapura, Cina dan Indonesia. Lalu, rombongan akan berkeliling mulai dari Beltim hingga Belitung dari pagi hingga sore untuk melihat potensi dan sumberdaya yang bisa dikerjasamakan.

Hadirnya penerbangan Internasional di Belitung ini membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya sumtingah. Setelah koneksi internasional terbuka, Belitung diyakini bakal lebih dikenal dunia.

“Apresiasi buat Sriwijaya Air. Upgrade Bandara Belitung menjadi bandara internasional sudah kami lakukan bersama Kementerian Perhubungan akhir Desember 2016 lalu. Harapannya, setelah ini maskapai lain bisa segera ikut membuka rute regulernya,” harapan Arief Yahya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto mengaku senang lantaran Bandara H.A.S Hanandjoeddin mulai dilirik wisatawan mancanegara. Beliau juga menambahkan, pesawat yang membawa wisatawan tersebut terbang langsung dari Kuala Lumpur selama 1.5 jam.

"Tourism itu model bisnisnya mirip dengan telecommunication. Kedekatan atau proximity itu menjadi sangat penting, baik geografis maupun cultural,. Kalau digarap bagus, Belitung akan makin dikenal dunia,” Ucap Beliau.

PR selanjutnya adalah membuka akses ke originasi tebal dan memiliki daya beli tinggi seperti Tiongkok, Hongkong, Macau, Taiwan, Korea, Jepang, Singapore serta Malaysia.

Maskapai Penerbangan Internasional Malaysia Belitung