Geopark Pulau Belitong II

Geopark Pulau Belitong II ini diadakan dari tanggal 23 – 26 November 2023 dengan menyusung kegiatan Geo CDFT (Creatifity Day For Teachers), Geo Forest, Geo Fair, Geo Photo, Geo Culinar, Geo Seminar, Geo Cruise, Geo Coffee, Geo Fashion, Geo Bike, Geo Trek, Geo Walk, Geo Band, Geo Culture.

Geopark ini sebenarnya sudah yang kedua sebelumnya dilaksanakan pada tahun lalu. Setelah sukses dengan acara Geopark pulau Belitong yang pertama.

Geopark sendiri adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari "Geological Park" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.

Jadi Geopark Pulau Belitong adalah sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di Pulau Belitong – Indonesia.

Kegiatan Geopark Pulau Belitong II sekaligus menjadikan Geopark Pulau Belitong kini sudah menjadi Geopark Nasional bersamaan dengan Geopark Raja Ampat Papua Barat dan Geopark Tambora Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan nilai B yang dinilai oleh tim, dan telah diputuskan oleh 12 orang tim penilai. Tim penilai ini, secara keseluruhan dari aspiring geopark, profesional, perguruan tinggi dan unsur pemerintah pusat.

"Disini (Belitung) sudah ada semua, dan lengkap. Semua nya keunikan geologi, kebudayaan, flora dan fauna masuk dalam penilaian," kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Koordinatir Bidang Kemaritiman, Safri Burhanudin. Dengan penyerahan sertifikat “Geopark Nasional” di Hotel Santika Jumat (24/11/2023).

Keberagaman Geologi, Budaya, Flora dan Fauna yang ada di Belitung sudah memenuhi kriteria dalam penilaian.
  • Keberagaman Geologi seperti: Batuan Granit pulau Belitung, Batu Satam, Timah.
  •  Keberagaman Budaya seperti: Baju adat Belitung, Rumah adat Belitung, Musik Tradisional, Tarian Belitung, Tadisi-tradisi Belitung, dan Suku Sawang Belitung.
  •  Keberagaman Flora dan Fauna seperti: Daun Simpor, Hutan Bakau, Hutan Lumut, Hutan Kerangas, Keremunting, Jeruk Kunci, Tarsius.
Disisi lain diadakan nya acara Geopark Pulau Belitung II pada tanggal 23-26 November 2023 ini tidak lain untuk masyarakat Belitung dan Belitung Timur agar lebih menjaga dan tidak merusak alam dengan dibantu peran dari pemerintahan kabupaten Belitung dan Belitung Timur sendiri.

Berikut secara singkat penjelasan tentang acara GeoparkPulau Belitong II :
  • Geo CDFT (Creatifity Day For Teachers), kegiatan pelatihan untuk para guru terutama guru SD dan SMP untuk mengajarkan kepada anak-anak agar lebih mencintai alam sejak dini.
  • Geo Forest, kegiatan menyusuri hutan untuk melihat tumbuhan dan hewan apa yang ada didalam hutan.
  • Geo Fair, tempat disediakannya berbagai macam stand UKM Belitung berjualan pernak-pernik seperti Lada Putih Belitung.
  • Geo Photo, kumpulan foto-foto tentang kegiatan tradisi, flora & fauna ataupun alam Belitung.
  • Geo Coffee, ada kupon ngopi pilihan beberapa warung kopi yang ada di kota Manggar untuk ngopi secara gratis.
  • Geo Fashion, acara fashion show yang memakai berbagai macam baju tradisional.
  • Geo Bike, bersepedaan bareng mengelilingi kota Manggar
  • Geo Trek, menyusuri dan mendaki bukit yang bernama Bukit Paramun.
  • Geo Walk, kegiatan jalan santai di kota Manggar
  • Geo Culture, pertunjukan tentang kebudayaan tradisional Belitung seperti Beripat Beregong.
Acara Geopark Pulau Belitung II ini diadakan di Belitung dan Belitung Timur. Geo Fair dan Geo Photo yang diadakan di Gedung Nasional, Geo Trek, Geo CDFT Belitung mengajak masyarakat untuk melihat berbagai macam Stand UKM yang jualan pernak-pernik khas Belitung salah satu nya Stand jualan Lada Putih ini dan berbagai tempat lainya sedangkan sisanya terpusatkan di Kabupaten Belitung Timur seperti Geo Coffee, Geo Fashion, Geo Bike, Geo Walk Geo Culture.

Dengan diadakannya acara Geopark Pulau Belitong II ini mudah-mudahan masyarakat Belitung dan Belitung Timur akan semakin sadar bahwa di Belitung punya banyak kekayaan alam, terus melestarikan kebudayaan dan bersama-sama merawat biar lebih baik untuk pariwisata Belitung maupun masyarakat.


Geopark Pulau Belitong II