Pantai Penyabong atau Pantai Batu Lubang di Belitung

pantai penyabong atau pantai batu lubang di belitung
Bebatuan di Pantai Penyabong, Belitung

Belitung Travel Center - Belitung: Pantai Penyabong merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Pulau BelitungTerletak di Dusun Batu Lubang, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Belitung. 

  • Nama lain Pantai Penyabong
Pantai Penyabong juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang karena letaknya yang berada di Dusun Batu Lubang. Pantai ini memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan keindahan Pantai Tanjung Tinggi.  Jika kita perhatikan pantai ini memiliki gugusan bebatuan granit yang sangat banyak bertebaran di sekitar pantai, sama hal nya dengan yang ada di pantai Tanjung Tinggi. Hanya saja yang membedakan dengan Pantai Tanjung Tinggi yaitu adanya batu granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya dan menjorok ke arah laut yang menyerupai dermaga alami. Selain itu terdapat pepohonan pandan Laut yang tumbuh berderet rapi di sepanjang pinggir pantai ini.

 Pantai Penyabong Belitung
Foto dari atas Batu Pantai Penyabong, oleh Ji Photography
Menurut cerita masyarakat setempat, dinamakan Penyabong dikarenakan adanya gugusan bebatuan granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain dengan batu granit lainnya. Makna kata penyabong sama halnya dengan menyambung. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih dengan kontur pantai yang landai, ombak laut yang sedang, air laut yang jernih dan bersih sehingga membuat pantai ini aman dan nyaman untuk berenang.
  • Fasilitas
Untuk fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup lumayan lengkap yaitu terdapat toilet serta tempat bilas, sebuah musholla yang terbuat dari papan sehingga bagi yang muslim tetap bisa menjalankan ibadah sholat. Jika kelaparan tidak perlu khawatir karena di sini juga ada warung-warung sederhana yang menjajakan makanan ringan, air kelapa dan pasti tentunya makanan seafood. Sembari asyik menikmati semilir angin pantai, kita bisa memesan makan di warung tersebut, harganya pun tidak mahal. Walaupun sudah terdapat beberapa warung makan kecil yang dikelola oleh penduduk sekitar, sangat disarankan jika berkunjung ke pantai ini untuk membawa bekal sendiri karena warung makan tersebut tidak buka setiap hari.
  • Jarak Tempuh dari kota Tanjungpandan

Pantai Penyabong berjarak sekitar 56km dari Kota Tanjungpandan dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sewaan yang dapat kita sewa di beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota. Tarif sewa mobil berkisar sampai Rp. 450.000 per 24 jam tanpa supir atau sampai Rp. 650.000 dengan supir per 24 jam


Rute perjalanan menuju Pantai Penyabong, Via Google Map