Danau Kaolin, Belitung

Danau Kaolin Belitung
Danau Kaolin Belitung terletak di Jalan Murai, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan tidak jauh dari Bandara H.A.S Hanandoeddin. Belitung tidak hanya ada pantai dengan batu-batu granitnya yang sangat khas. Tetapi ada beberapa tempat lain yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Danau Kaolin.

Danau Kaolin Belitung ini sebenarnya bukan tempat wisata umum, tetapi banyak fotografer yang ingin mengetahui potensi fotografi di sini, sehingga ada beberapa agen wisata yang menyediakan jasa paket wisata ke tempat wisata di Belitung ini. Belitung adalah salah satu daerah terbesar penghasil tambang kaolin dari sekian banyak daerah di Indonesia. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Pemandangan di sini hampir sama dengan pemandangan Kawah Putih di Bandung dan kawah  Putih Tinggi Raja, Sumatera Utara.
Bagian dalam Danau Kaolin
Di sekitar Danau Kaolin Belitung sendiri kita masih akan menemukan beberapa lubang yang juga dipenuhi oleh air berwarna biru toska. Kendaraan berat yang merupakan alat pertambangan juga masih bisa kita lihat di sekitar lokasi Danau Kaolin. Keberadaan tempat seperti Danau Kaolin ini memang menimbulkan dilema. Di sisi lain, tempat ini terjadi akibat dari proses eksploitasi alam namun di sisi lain kita juga membutuhkan kandungan dari alam untuk keperluan hidup. Biar bagaimana pun, Danau Kaolin Belitung kini telah ada dan menjadi sebuah tempat yang sangat cantik dan fotogenik dan kita bisa mengunjunginya kapan saja. Pemandangan yang begitu mempesona sepanjang mata melihat akan anda temukan di tempat ini dan di tambah dengan timbunan-timbunan galian disekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih.
Cantiknya warna air Danau Kaolin
Perpaduan yang pas antara cuaca dan Danau Kaolin
Perpaduan warna biru airnya dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Di Danau Kaolin Belitung sering dipergunakan sebagai tempat prewed bagi pasangan yang akan menjalani pernikahanya. Untuk berkunjung ke danau ini akan lebih nyaman apabila waktu pagi hari ataupun sore hari, karena siang hari akan panas dan jarangnya pepohonan lebat.


Danau Kaolin, Belitung