Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Laskar Pelangi Belitung

Foto paling depan Pantai Tanjung Tinggi

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pantai Tanjung Tinggi ini :D


Pantai yang sangat terkenal di Belitung yang juga dulunya digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi yang diangkat dari Novel fenomenal karya anak muda Pulau Belitung Andrea Hirata, sehingga disebut juga Pantai Laskar Pelangi.

Pantai yang terletak di sebelah utara Belitung, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, berjarak +- 30 km dari kota Tanjungpandan. Sangat dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang Juga.



Nama  Pantai Tanjung Tinggi diambil dari kata Tanjung yang artinya Semenanjung dan Tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pokoknya sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan mengagumkan atas Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, dengan pesisir pantai yang unik berpasir putih, air laut yang sangat bersih nan jernih , serta dihiasi oleh batu-batu granit yang tertata rapi secara alam mulai ukuran dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik, bahkan ada yang lebih besar dari bangunan sebuah rumah.

Yang membuatnya istimewa adalah bertebarannya batu-batu granit raksasa nan gagah. Tegak berdiri, seolah hendak berkata, “Ini pantaiku!". Keistimewaan lainnya pantai ini  adalah ombak yang tenang air yang bersih aman untuk berenang dan berperahu tanpa harus takut terbawa ombak. Tak heran pantai ini selalu ramai dikunjung di hari biasa apalagi pada hari libur.
Di pintu masuk menuju Pantai Tanjung Tinggi, kita telah disambut dengan batu raksasa. Menjulang tinggi dengan gagahnya. Warnanya abu-abu, sedikit menghijau. Kita bisa masuk melewati celah-celah di antara batu-batu raksasa tersebut. Sungguh menghadirkan sensasi tersendiri. Dari depan, terlihat papan bertuliskan “Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi”. Papan tersebut seakan menjadi spot wajib untuk berfoto.
Batuan Granit Pantai Tanjung Tinggi
Sepoi-sepoi Hembusan Angin  Pantai Tanjung Tinggi
Semua sudut di Pantai Panjung Tinggi Belitung ini dapat dinikmati dengan berbagai aktivitas yang berbeda. Kalian tinggal memilih kegiatan yang cocok. Bagi kalian yang tidak ingin banyak bergerak, bisa duduk di atas pasir putih sembari menikmati hamparan pantai dan pasir putih yang luas. Dapat menyusuri sisi pantai mulai dari sisi sebelah kanan kemudian bergerak ke ujung sebelah kiri,  Setiap sisi pantainya mempunyai ciri khas dengan bentuk dan pemandangan batu-batu granit yang berbeda-beda. Ada hamparan bebatuan granit yang tersusun berkumpul, ada pula bebatuan granit yang menyebar di sekitaran pantai.

Bagi yang gemar foto-foto apalagi fotographer landscape, Pantai Tanjung Tinggi adalah objek yang menarik. Keunikan dari setiap hamparan batu granit menjadikan tempat ini spot favorit bidikan lensa kamera. Siluet, kata yang paling pas untuk ngambil gambar waktu sore hari dengan latar belatang sunset. Saat Matahari mulai terbenam atau waktu telah mulai menampakkan kecantikan sunset, Pantai Tanjung Tinggi akan semakin menampilkan pesona kecantikan dan keanggunanya yang megah.
Sunset di Pantai Tanjung Tinggi
Sekilas Info
Pantai Tanjung Tinggi, merupakan salah satu pantai terbaik di pesisir pantai barat pulau Belitung. Pantai Tanjung Tinggi dahulu hingga sekarang masih merupakan tempat rekreasi pilihan warga domisili Belitung maupun wisatawan dari luar pulau Belitung.

Sekarang pantai ini sedikit tidak bebas, tidak seperti dulu. Kebanyakan kendaraan yang mau parkir harus di pinggir jalan.

Fasilitas

Disini tersedia alat sewa untuk bermain air laut seperti ban buat berenang, perahu karet, masker buat snorkeling. Tempat bilas selesai bermain air juga ada disini. Bagi agama Islam ada mushola buat sholat dan warung-warung untuk ngemil ataupun minum buah kelapa muda yang pastinya nyegerin banget.

Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Laskar Pelangi Belitung