Pulau Batu Belayar Belitung

Belitung Travel Center - Pulau Batu Berlayar (Sailing Rock) Jika disimak dari namanya Batu Berlayar, pulau yang menjadi salah satu favorit destinasi wisata hopping island di Belitung ini memang menyerupai Kapal yang sedang berlayar, sebagai dampak adanya batu granit besar yang berdiri vertikal dan bentuknya mirip Layar Kapal, dengan pulaunya sebagai Kapalnya. Oleh sebab itu, pulau yang letaknya dekat dengan Tanjung Pandan Belitung ini kemudian dinamakan Pulau Batu Berlayar. Pulau Batu Belayar ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Pantai Tanjung Kelayang

Untuk mengelilingi Pulau Batu Berlayar, wisatawan tak perlu waktu yang lama. Tak kurang dari lima menit, Pulau Batu Berlayar bisa dijangkau dan dijelajahi.


Seperti di pulau-pulau lain di perairan Belitung, kegiatan yang dapat dilakukan adalah berfoto. Ada istilah jika ke Belitung, tak akan habis tempat foto dengan latar belakang batu granit.

Pulau Batu Belayar ini bisa anda nikmati dalam keadaan air laut surut maupun sedikit pasang, anda bisa menikmati keunikannya dan mengabadikan dengan kamera anda di Pulau Batu Belayar ini. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau Batu Belayar ini, saat mengikuti island hoping.


  • Apa sih uniknya Pulau Batu Berlayar ini?

  1. Tentunya keunikan pulau ini, ya itu tadi, adanya batu-batu granit besar yang menyerupai Layar Kapal dimana kita bisa berfoto dan mengabadikan keindahan dan keunikannya dengan latar belakang pantai yang indah. Selain batu granit vertikal besar tadi, juga terdapat batu-batu granit dengan ukuran lebih kecil yang tersebar di sekitar pulau dan menambah cantik dan indahnya pulau ini.
  2. Pasir putih di pulau ini juga menambah keindahannya. Perlu kita ketahui bahwa tour hopping island ke Pulau Batu Berlayar ini hanya bisa dilakukan jika air laut sedang surut sehingga boat atau perahu bisa merapat dan kita bisa turun menikmati kebersihan dan keindahan pasir putihnya.
  3. Karena pantainya yang dangkal dan jernih serta terdapat spot yang ada terumbu karangnya dan banyak ikan-ikannya, maka di sekitar Pulau Batu Berlayar ini juga bisa untuk snorkeling menikmati keindahan underwaternya.

Laut di sekitar pulau Batu Belayar ini  sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang. akan tetapi anda harus selalu waspada saat menginjakkan kaki di pulau Batu Belayar ini, kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) , adalah sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau Batu Belayar  ini.
Aktivitas Snorkeling juga bisa anda lakukan di pinggiran pantai Pulau Batu Belayar ini, dan jangan lupa menggunakan baju pelampung saat snorkelingnya yah :D

Pulau Batu Belayar ketika air laut surut

Pulau Batu Belayar Belitung