Pulau Gosong atau Pulau Pasir Belitung

Belitung Travel Center - Pulau Gosong atau  Pulau Pasir di Belitung ini sebenarnya bukanlah merupakan sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah air laut. Pulau Pasir ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola. Tidak ada benda lain di pulau Pasir ini selain tumpukan pasir putih yang halus.

Pada saat air surut, pulau Pasir ini sering disinggahi oleh para wisatawan yang melakukan perjalanan island hopping dengan perahu tradisional nelayan. Pemandangan di sekitar Pulau Pasir ini sangat bagus sekali karena lokasi pulau ini terletak di antara beberapa pulau lainnya, seperti Pulau Burungpulau Kepayang, Pulau Lengkuas dan Batu Berlayar. Jarak terdekat adalah ke pulau Kepayang yang hanya dipisahkan oleh air laut setinggi pinggang pada saat air laut surut.

Jika anda berkunjung ke pulau Pasir ini, ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Jangan segan untuk menyeburkan diri ke laut di sisi Utara pulau pasir. Airnya jernih dan dangkal dan di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas. Lihatlah ke air laut, anda akan menemukan binatang spesial penghuni pulau pasir. 
Mereka adalah bintang laut merah besar. Bintang laut ini banyak sekali tersebar di perairan sekitar pulau pasir. Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama makhluk-makhluk unik ini.

Penting! Harap jaga kelestarian alam. "dilarang membawa Bintang Laut" dari Pulau pasir ini, apa lagi jika ingin dijadikan koleksi pribadi atau diperdagangkan, sangat tidak diperbolehkan, he :D. Jika anda mengambil bintang laut untuk berfoto, harap jangan dibiarkan di udara (tanpa air laut) terlalu lama agar binatang ini tidak mati. Segera kembalikan bintang laut ke air setelah anda berfoto. Bintang laut ini tidak menggigit dan tidak juga mengeluarkan racun.

Anda juga harus memperhatikan keselamatan. Di sisi Selatan pulau pasir ini  arus laut -nya cendrung deras, meskipun laut dari pulau pasir ini dangkal. Jadi tidak disarankan untuk mencari bintang laut di sisi Selatan pulau pasir ini. Harap selalu gunakan jaket pelampung pada saat menceburkan diri ke laut, yah :D