Pulau Lengkuas, Belitung - Pemandangan dari Mercusuar Sangat Menakjubkan

Pulau Lengkuas Belitung

Belitung Travel Center
Pulau Lengkuas
, Belitung. Salah satu dari objek wisata di Pulau Belitung yang wajib anda kunjungi jika berlibur di Belitung. Pulau Lengkuas ini yang selain terkemuka keindahannya juga memiliki mercusuar yang berusia ratusan tahun. Tempat dimana keindahan hamparan laut biru jernih bertabur batuan granit nan eksotik. Tempat ini kian memesona dan spektakuler apabila dipandangi dari mercusuar tua tersebut, pemandangan dari puncak mercusuar sangat menakjubkan mata karena keindahannya.

Pulau Lengkuas berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, pulau ini terbilang kecil dengan luas kurang dari 1 hektar. Meski kecil, keindahan pantai di Pulau Lengkuas tak perlu diragukan lagi. Cukup beralasan apabila pulau yang dahulu sepi pengunjung itu kini berhasil mengundang banyak wisatawan untuk sudi menyempatkan mampir.

Nuansa eksotis sebuah pantai berpasir putih yang menghadap birunya samudera dihiasi batuan granit raksasa aneka bentuk. Keistimewaan lain pulau ini yang tak banyak ditemukan di tempat lain adalah keberadaan mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882. Hingga kini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung.


You Should Be Here
Wisatawan diizinkan menaiki mercusuar dengan ketinggian kurang lebih 50 m ini. Mercusuar yang memiliki belasan lantai ini memungkinkan  wisatawan menikmati keindahan alam sekitar pulau. Ini jelas imbalan setelah sedikit bersusah payah meniti anak tangganya. Dari atas Anda dapat menikmati kecantikan warna biru laut berpadu harmonis  dengan keindahan batuan granit. Tidak hanya itu, terumbu-terumbu dan pulau-pulau kecil berwarna hijau yang nampak dari kejauhan adalah pemandangan lain yang kian memanjakan mata. Keindahan tersebut dapat dinikmati dari segala sisi (360 derajat).


Pemandangan dari atas menara Pulau Lengkuas
    Apabila Anda tidak sanggup mencapai puncak maka jangan khawatir. Di setiap lantai mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah sehingga pemandangan indah di bawah sana tetap dapat dinikmati atau diabadikan dengan kamera.

Sebelum menjadi salah satu tujuan wisata di Bangka Belitung, pulau ini hanya dihuni oleh beberapa orang saja yang biasanya bertugas menjaga mercusuar. Pada 2008, film "Laskar Pelangi" mengambil setting di Bangka Belitung tetapi Pulau Lengkuas tidak menjadi bagiannya namun  tak luput dari perhatian hingga kini selalu dipadati pengunjung atau wisatawan.

  • Transportasi
     Untuk menuju Pulau Lengkuas, Anda dapat menyewa perahu nelayan dari beberapa tempat, yaitu Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, atau Tanjung Tinggi.

Kami bisa membantu anda jika membutuhkan jasa penyewaan boat untuk menuju Pulau Lengkuas, atau keliling Pulau kecil di sekitarnya, bahasa tendnta adalah Island Hoping hubungi kami jika anda membutuhkan.

Waktu tempuh berperahu dari Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas memakan waktu sekira 20-30 menit. Sementara itu, dibutuhkan waktu sekira  30-45 menit apabila Anda menumpang perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Tinggi. Sepanjang perjalanan nikmati keindahan pulau-pulau kecil di sekitar lintasan perahu.

Tarif sewa perahu nelayan berkapasitas lebih dari dua sampai sepuluh orang adalah Rp400.000,- hingga Rp550.000,- pada saat hari biasa, dan jika pada saat hari besar harganya bisa dua kali lipat. Menumpanglah beramai-ramai untuk sharing biaya sewa agar lebih murah.

Tak banyak fasilitas, Pulau ini memiliki sedikit sumber air bersih; kalau banyak biasanya kebutuhan akan air bersih atau tawar didatangkan dari pulau lain. Untuk itu gunakanlah air dengan baik saat mengunjungi pulau ini.

  • Tips
      Waktu yang paling baik untuk mengunjungi Pulau Lengkuas adalah pada bulan Maret - November. Pada kisaran bulan tersebut, cuaca dan arus ombak di Pulau Lengkuas cenderung bersahabat sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berenang dan snorkeling.
Tidak disarankan mengunjungi Pulau Lengkuas pada bulan Desember-Januari. Selain musim hujan, ombak dan arus pun cenderung besar dan dapat membahayakan.
Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup, kalaupun tidak, ada terdapat warung di Pulau Lengkuas tetapi biayanya agak sedikit mahal. 
Dan ingatlah untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Sebelum sampai dipulau lengkuas anda akan melihat ada jalur untuk kapal melewati terumbu karang di sisi kapal. Pas sampai pun di Pulau Lengkuas anda akan dijamu keindahan hamparan laut biru jernih bertabur batuan granit nan eksotis dan batang kelapa yang rendah menawan untuk menikmati pemandangan pantai pulau Lengkuas yang indah ini. Di Pulau Lengkuas Selain dapat menikmati kecantikan alam tropis sambil rileks di tepian pantainya, pulau kecil ini menawarkan daya tarik lain yang tak boleh dilewatkan. Banyak kegiatan menyenangkan dapat dilakukan di sini. Membawa keluarga datang ke pulau ini untuk piknik di akhir pekan akan menjadi kegiatan mengasyikkan.


Bersantai ria di Pulau Lengkuas
Air laut di sekitar Pulau Lengkuas sangat jernih dan bersih. Berenang akan menjadi kegiatan yang menyenangkan terlebih lagi air di sekitar pesisir tidak terlalu dalam. Anda bisa juga melakukan snorkeling karena keindahan bawah lautnya cukup cantik. Terdapat terumbu karang dan berbagai jenis biota laut yang dapat dinikmati pesonanya. Bahkan, Anda dapat juga memancing atau berjemur di pasir putihnya yang lembut setelah lelah bermain di pesisirnya.


Snorkling di samping Pulau Lengkuas
Mari Ciptakan keseruan bersnorkling di Pulau Lengkuas
Serunya snorkling bersama teman
Untuk menikmati pemandangan bawah laut lebih dalam di dekat pulau ini bisa dengan diving yang spot nya di depan perairan Pulau Lengkuas, yaitu Shipwreck Indomarine (Kapal Karam Indomarine) yang masih utuh yang dulunya membawa koprah dengan kedalaman 20-24 meter. Kita juga bisa menyusuri beberapa bagian didalam kapal tersebut yang sudah banyak di tumbuhi oleh coral.

Foto dengan latar belakang menara pulau lengkuas
Naik ke mercusuar sepertinya akan menjadi pengalaman menarik yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi pemandangan dari puncak mercusuar disebut-sebut sebagai pemandangan yang spektakuler di pantai ini. Berhati-hatilah saat menaiki mercusuar dan ikuti peraturan yang ada, misal peraturan menanggalkan alas kaki dan mencuci kaki dengan air tawar sebelum menaiki tangga besi. Hal ini karena dikhawatirkan air laut yang menempel di kaki akan mengakibatkan efek korosif pada tangga mercusuar.
Mengambil foto pemandangan yang eksotik, terutama dari atas mercusuar atau berpose berlatarkan batuan granit sepertinya juga tak boleh terlupakan.


Pulau Lengkuas, Belitung - Pemandangan dari Mercusuar Sangat Menakjubkan