Pantai Tanjung Pendam - Pantai Rekreasi Kota

Pantai Tanjung Pendam - Pantai Rekreasi Kota
Pantai Tanjung Pendam letaknya yang berada di Tanjungpandan membuat pantai ini menjadi sasaran kunjungan warga dengan luas sekitar 22 hektar, berhadapan langsung dengan Pulau kalamoa yang di dalamnya terdapat tempat peribadatan masyarakat Thionghoa. Untuk masuk pantai pun tiketnya tidak terlalu mahal, hanya dikenakan biaya Rp. 2000,- saja untuk perorang dan juga di depan pintu masuk berhadapan langsung pantai Tanjung Pendam ini ada satu Hotel bintang 4 yaitu Grand Hatika yang terkenal di Belitung.

Tempat wisata ini, selain hari-hari libur juga ramai dikunjungi bila sore hari oleh penduduk lokal untuk bersantai. Dan juga Pantai Tanjung Pendam ini adalah tempat ngumpul favoritnya para muda-mudi Belitung. Pantai Tanjung Pendam yang menghadap barat sehingga pantai ini terkenal sunset dan menjadi daya tarik sendiri dan diunggulkan dari pantai-pantai lainnya di Belitung. Berbeda dengan pantai lainnya Pantai Tanjung Pendam ini tidak memiliki bibir pantai yang landai, namun hanya berupa tembok beton disepanjang pantai yang dibuat untuk menahan pantai dari abrasi. Di sanalah biasanya pengunjung duduk-duduk untuk menikmati sore hari sembari menunggu matahari tenggelam.

Bukan hanya menyajikan keindahan alam tepi pantai, pantai Tanjung Pendam juga menyuguhkan live music pada tempat-tempat kafe di Pantai Tanjung Pendam ini, dan juga ada juga kafe yang khas yaitu kafe Kareso yang merupakan kafe Reggae. Serta ada panorama keindahan pohon pinus yang tumbuh di antara pasir-pasir pantai. Lokasi ini juga berdekatan dengan food court hingga lapangan olahraga yang bisa digunakan bebas oleh pengujung untuk mengisi waktu luang.

Untuk memanjakan wisatawan yang datang ke pantai Tanjung Pendam, terdapat banyak sekali fasilitas umum yang dapat digunakan selama berada di area pantai. Fasilitas yang tersedia antara lain taman rekreasi, panggung hiburan, restoran, arena olahraga pantai, shelter dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Di pantai Tanjung Pendam Belitung pun kerap kali dijadikan lokasi untuk pagelaran seni dan budaya, acara-cara event lain hingga konser mini band yang memberikan latar belakang pemandangan laut lepas. Sehingga tidak salah kalau pantai ini kerap kali menjadi tujuan penting wisatawan ketika berada di Pulau Belitung.

Pantai Tanjung Pendam - Pantai Rekreasi Kota