Island Hopping di Belitung

Island Hopping Belitung
Island Hopping adalah serangkaian atau aktifitas perjalanan yang lebih pendek mengunjungi satu hari atau lebih antara pulau-pulau atau perjalanan ngelilingi dari satu pulau kepulau lainnya. Jadi seperti melompat (Hopping). Pulau yang kita “lompati” biasanya pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang jaraknya berdekatan satu sama lain. Aktifitas Island Hopping ini sekarang lagi trend dikalangan para traveler, inilah Indonesia banyak pulau-pulau kecil yang sangat indah.

Di Belitung ada Island Hopping? Wah sebuah pulau kecil masih punya pulau kecil lagi? Inilah salah satu keunikan dari pulau Belitung. Karena Belitung adalah daerah kepulauan maka dari itu tentunya ada pulau-pulau kecil lainnya.Yah siapa lagi sih yang tidak mengenal Belitung. Laskar Pelangi? Eksotis? Indah? Menawan? Tenang?!. Yah itulah salah satu yang terpikirkan sekilas dalam benak kita. Sebuah pulau kecil yang memiliki sejuta pesona nan menawan yang bisa memanjakan anda jika anda ke Belitung.

Berada di luar ruangan, berenang di air laut nan jernih, menjelajahi  kepulau-pulau yang tak berpenghuni. Siapa sih yang tidak mau, itulah salah satu yang terpikirkan oleh kita jika melakukan Island Hopping. Dan di Belitung kita bisa mencari itu semua serasa pulau-pulau itu semua milik sendiri.

Kegiatan Island Hopping di Belitung sendiri biasanya dimulai atau jadi metting point nya dari Pantai Tanjung Kelayang sebelum melakukan aktifitas Island Hopping di Belitung. Jarak Pantai Tanjung Kelayang lumayan dekat dengan Kota Tanjungpandan hanya berjarak kurang lebih 1 Jam. Karena disana kita bisa melihat salah satu pulau-pulaunya yaitu pulau Batu Garuda.

Island Hopping di Belitung dilakukan dalam waktu seharian dari pagi sampai sore dan untuk melakukan itu kita tergantung dari air laut. Pasang atau surut adalah penentu kemana tour pulau (Island Hopping) ini akan dimulai, biasanya kapten kapal (Boat) yang akan memimpin tour ini karena kapten kapal ini sudah biasa turun kelaut untuk mencari ikan. Caranya Island Hopping di Belitung adalah kita bisa menyewa kapal (Boat) yang telah kita pesan sebelumnya.

Dan dengan kita mengunjungi ke Belitung kita bisa menikmati pulau-pulau yang ada disini seperti Pulau Batu Garuda, Pulau Batu Belayar, Pulau Pasir, Pulau Burung, Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang. Setiap pulau tentu memiliki keunikan masing-masing. Ada karakteristik yang membuat setiap pulau memiliki kisah berbeda, yang bagi siapa mengunjunginya pasti akan mendapat sajian warna-warni sendiri.

Teng.. Teng.. Teng.. Tujuan Pertama kegiatan Island Hopping di Belitung biasanya ke Pulau Batu Belayar, yah sebuah pulau yang batu nya mirip 2 Layar kapal :D sebenarnya banyak batu lainnya tetapi 2 batuan itulah yang paling menonjol. Aktifitas di pulau ini adalah kita bisa menikmati berjemur, keliling-keliling pulau karena pulau ini tidak luas, berfoto ria ataupun berenang disekitaran Pulau Batu Belayar sendiri.
(Selengkapnya: Pulau Batu Belayar)

Dilanjutkan Pulau Kedua yaitu Pulau Pasir, Menjejaki pulau pasir ini biasanya untung rugi, kalau beruntung ya bisa mampir kalau rugi ya cuma bisa dilewati karena pulau pasir ini tergantung pasang surut nya air laut. Bintang Laut besar menyambut kedatangan siapa saja ke pulau ini, pasir yang putih menambah daya tarik nya juga. Berenang ataupun berfoto dengan bintang laut bisa dilakukan, tetapi ingat jangan mengangkat Bintang Lautnya dari air karena bisa membuat nya mati.
(Selengkapnya: Pulau Pasir)

Kemudian yang paling seru dari Island Hopping di Belitung adalah ke Pulau Lengkuas, kenapa? Karena di Pulau Lengkuas ada satu menara mercusuar yang tinggi yang di bangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1882 dengan ketinggian 65 meter dan 313 anak tangga hingga mencapai 18 lantai. Akan tetapi demi keselamatan menara ini sekarang hanya dibuka sampai lantai tiga saja. Dan aktifitas lainnya yang seru ialah bersenorling yang wajib kalau melakukan Island Hopping di Belitung karena bisa berenang dengan ikan-ikan secara dekat benar sekalian memberi makannya. Jangan lewatkan juga untuk berfoto dengan latar belakang menara lengkuasnya ya.
(Selengkapnya: Pulau Lengkuas)

Setelah penat ataupun lapar, tenang di Pulau selanjutnya bisa beristirahat serta makan, ialah Pulau Kepayang. Di pulau ini ada Restoran pulau tengah laut untuk mengisi perut hihi. Dimana kita bisa memesannya dari sebelumnya ataupun pas datang di Pulau Lengkuas dan bisa minum kopi atau teh sepuasnya. Setelah makan jangan buru-buru meninggalkan pulau ini bersantai lah dulu menikmati kelapa muda ya.
(Selengkapnya: Pulau Kepayang)

Baru terakhir kegiatan Island Hopping di Belitung adalah Poto Season di Pulau Garuda dengan latar belakang batu granit yang mirip dengan batu Garuda ini yang menjadi maskot pada sail Belitung 2011 lalu. karena rasanya ada yang kurang kalau belum berfoto dengan latar burung Garuda ini selepas melakukan Island Hopping di Belitung.
(Selengkapnya: Pulau Garuda)

Secara keseluruhan Island Hopping di Belitung sangat menyenangkan seru sekali bagi yang pernah pastinya pengen kembali melakukan Island Hopping ini. Sedangkan kalian yang belum mau nunggu kapan lagi ke Belitung dan pastinya melakukan Island Hopping di Belitung.


Island Hopping di Belitung